Thursday, September 26, 2019

ERP - Enterprise Resource Planning

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sebuah metode. Definisi ERP adalah sebuah sistem informasi yang mengintergrasikan dan mengautomasi seluruh bagian yang ada dalam sebuah organisasi dan bagian lain yang memiliki relasi dengan organisasi tersebut.

Biasaya pada sebuah perusahaan convesional aplikasi yang mereka miliki masih parsial, bagian finance akunting memiliki aplikasi sendiri, bagian purchasing memiliki aplikasi sendiri, bagian marketing memiliki aplikasi sendiri dan seterusnya. Sehingga untuk membuat laporan bulanan yang akan diberikan ke management butuh waktu sekitar seminggu untuk menggabungkan laporan dari berbagai bagian-bagian tersebut. Dampaknya keputusan yang diambil management tidak tepat sasarn kerena kondisi perusahaan sudah berubah.

Dengan dua fungsi utama ERP yaitu integrasi dan automasi keputusan management lebih akurat dan tepat sasaran. Dengan adanya ERP tidak hanya memangkas waktu supaya laporan bisa diterima tepat diakhir bulan, bahkan mengubah budaya yang biasanya laporan bulanan dengan ERP memungkinkan management mengetahui keadaan perusahaan bukan hanya keadaan bulanan tetapi laporan mingguan hingga harian mampu disajikan dengan data yang realtime.

Dua fungsi utama ERP :

  1. Integrasi
    Sebelumnya sudah disinggung bahwa dalam perusahaan konvensional mereka memiliki aplikasi yang parsial, setiap bagian memiliki aplikasi masing-masing. Sehingga ketika akan membuat laporan bulanan  butuh waktu untuk menyatukan laporan semua bagian dalam organisasi dalam satu laporan. Dengan ERP semua bagian mengakses data yang sama, sehingga ketika bagian purchasing membeli memesan barang bagian gudang sudah mengetahui barang apa saja yang akan diterima pada hari ini.
    Begitu juga dengan bagian-bagian yang lain.
  2. Automasi
    Perusahaan IT Consultant biasanya sangat tahu bahwa 

0 comments:

Post a Comment