Wednesday, May 10, 2023

Bangkitnya Nokia, Sang Raksasa Telekomunikasi

 Menyadari bahwa meraka sudah takluk dalam pertempuran bisnis smartphone Nokia lalu melirik sektor lain yaitu bisnis penyedia Jaringan dan Teknologi.

Perjalanan kebangkitan Nokia dimilai sejak mereka menjual divisi ponsel nya ke microsoft dan membeli sham Siemens di tahun 2013, lalu mereka mejalankan strategi jangka menengah dengan orang-orang baru dan organisasi baru.

Pada tahun 2015 Nokia mengakuisisi Alcatel-Lucent senilai 16.6 Milliar Dollar untuk memperkuat posisi nya dalam melawan Ericsson dan Huawei, saat itu Nokia sudah memperluas bisnisnya menjadi penyedia layanan jaringan untuk mengcover berbagai produk dan layanan dalam infrastruktur jaringan.

Perubahan-perubahan Nokia

Chairman Nokia “Risto Siilasmaa” bersama tim eksekutiv nya selama enam bulan mempelajari dan mengevaluasi beberapa alternatif serta Membuat perubahan secara Radikal yang mengubah nasib Nokia.

Risto menata ulang 99% karyawannya, 80% anggota dewan dan semua anggota tim eksekutif nya. Dia menyebut transformasi itu sebagai pergantian total dari mesin kabin dan sayap di tengah penerbangan pesawat dan merakitnya kembali agar terlihat sangat berbeda.

Perubahan-perubahan itupun membuahkan hasil, karena hanya dalam dua tahun Nokia berhasil mengintegrasikan unit jaringan sebagai inti baru perusahaan dan menghasilkan beberapa Milliar USD bagi para pemegang saham.

Harga saham Nokia terus naik dan Nokia Siemens networkpun mencatatkan arus kas positif selama enam kuartal berturut-turut. Kapitalisasi nikia pada juli 2017 telah meningkat 500% sejak titik terendahnya pada juni 2012.

Ditengah upaya meraih posisi bisnis, Nokia tetap mempertahankan bisnis paten dan lisesi teknologi untuk mempertahankan warisan Inovasi dan kekayaan intelektual. Unit usaha ini berinovasi dibidang realitas virtual dan kesehatan digital dan menghasilkan 22% dari laba perusahaan.

Nokia juga melakukan beberapa tindakan untuk meningkatkan posisi keuangan dan daya saingnya, mereka menghemat biaya dan efisinsi operasional dengan penyederhanaan rantai pemasokan, mengautomasi proses dan menghilangkan redudansi untuk memperbaiki struktur biaya secara menyeluruh. Degan cara itu Nokia dapat menawarkan harga yang kompetitif dan menjaga agar keuntungan bisa tetap sehat. Perlahan tapi pasti, Nokia telah menjelma menjadi pemain infrastruktur teknologi dan jaringan terkemuka didunia. Data statistika Nokia tahun 2023, nilai penjualan bersih meningkat dari 12.5 milliar euro pada tahun 2016 menjadi 23 milliar euro pada tahun 2020 dan stabil hinga saat ini.

0 comments:

Post a Comment