Friday, 21 April 2017

Jenis-jenis outsourcing

kerjasama outsourcing memiliki ada berbagai macam,  biasanya mengikuti dan untuk memenuhi harapan user, macam-macam outsourcing di antaranya yaitu manpower outsourcing (MPO), Legal Process Outsourcing (LPO), Information Technology Outsourcing (ITO), Business Process Outsourcing (BPO), Knowledge Process Outsourcing (KPO) dll.

Namun di antara sekian banyak macam outsourcing tersebut ada tiga yang paling banyak dibahas dalam akademik saat ini yaitu ITO, BPO dan KPO. Untuk  lebih mudah berikut penjelasan dari beberapa jenis outsourcing tersebut :

  1. Manpower outsourcing (MPO)
    MPO yaitu jenis outsourcing yang mensuport manpower untuk suatu process atau kegiatan yang di butuhkan oleh user. dalam hal ini yang orang yang di berikan atau di rekomendasikan oleh perusahaan outsourcing hanya manpower tanpa tahu knowledge atau skill dari orang yang di rekomendasikan.
  2. Business Process Outsourcing (BPO)
    BPO di Indonesia lebih dikenal dengan pekerjaan borongan, dalam hal ini user membutuhkan third party untuk penyesaian salah satu process dari bisnis user tersebut. dalam hal ini pihak ke-3 bertugas dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan process tersebut dan user hanya ingin tahu process tersebut selesai tanpa ingin tahu jumlah orang yang mengerjakan, dan process nya seperti apa.
  3. Knowledge Process Ooutsourcing (KPO)
    KPO merupakan jenis terbaru dan trend outsourcing saat ini, jenis outsourcing ini bisa di bilang sharing knowledge, dimana manpower yang dibutuhkan oleh user yaitu orang yang memiliki sertifikat dan keahliah khusus.
    sebagai contoh :
    PT. XYZ sedang membuat sebuah aplikasi setengah perjalanan project pembuatan aplikasi tersebut beberapa karyawannya dibutuhkan untuk penyelesaian aplikasi lain yang bermasalah dan sifatnya critical dan butuh waktu lama untuk solving-nya, untuk mencapai target penyelesaian project pembuatan palikasi tersebut perusahaan tersebut butuh orang yang memiliki kemampuan coding yang sama dengan teamnya. maka disini PT. XYZ membutuhkan orang yang memiliki knowledge atau pengetahuan yang sama dengan teamnya, dalam kontrak yang singkat atau hanya untuk project tersebut, maka  Knowledge Process Outsourcing (KPO) memungkinkan untuk membantu perusahaan untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut, untuk membantu teamnya dalam menyelesaikan project tersebut. 

0 comments:

Post a Comment